Dilema Kurs Rupiah yang Melemah

Beberapa waktu terakhir ini kurs rupiah cenderung melemah, saya bukan pengamat perekonomian tapi karena sumber penghasilan saya menggunakan mata uang asing maka ya paling tidak saya jadi selalu paham info kurs terkini. Dulu seingat saya 5 tahun lalu sewaktu masih tinggal di Banjarnegara, nilai tukar rupiah terhadap dollar itu kira-kira Rp 8.000 atau Rp 9.000.

Siapa sangka ya 5 tahun kemudian bisa menembus Rp 13.000 per dollar! Tapi menurut saya sih ini wajar lah kan harga bahan bakar naik semua, masa kurs dollar mau tetap Rp 10.000 kasian dong yang penghasilannya harus dikonversi ke rupiah, hehe. Kalau di posisi ini, ketika dollar ditukar menjadi rupiah ya tentu saja jumlah rupiahnya jadi lebih banyak.

Dilema-Kurs-Rupiah Melemah

Tapi di posisi lain ketika ingin membayar tagihan hosting, domain dan membeli script yang menggunakan dollar. Nah baru deh terasa nyeseknya 😀 Apalagi kalau pakai kartu kredit ternyata kursnya lebih tinggi, bisa mencapai Rp 13.600. Sebelumnya kalau bayar hosting di DigitalOcean itu ya rupiahnya paling sekitar Rp 100.000 lebih dikit lah, kalau sekarang naik 30%! Belum lagi nanti kalau waktunya perpanjangan domain…siap-siap deh 😀

2 Comments

  1. emang kerasa banget
    laptop harganya jadi selangit
    kalo dulu bisa dibeli dengan 9,3 juta
    sekarang nyampe 13 juta 😀

    • iya nih, apalagi sekarang toko komputer patokan harganya pakai dollar juga 🙁

Leave a comment

Your email address will not be published.


*